You are currently viewing Wakili Ketua FKUB Langkat, zoom meeting di LCC Kantor Bupati Langkat

Wakili Ketua FKUB Langkat, zoom meeting di LCC Kantor Bupati Langkat

Mewakili Ketua FKUB Langkat, Rajoki Manik, SPd, dan T, Syahrul Azman, SPd, menghadiri kegiatan zoom meeting yang dilaksanakan di kantor Bupati Langkat, bertempat di ruang Langkat Comment Centre, ( LCC), selasa, 23/5/2023. turut hadir diacara itu Asisten Ekbang Pemda Langkat,Sukyar Mulyamin, M,Si, Kadis PPKB dan PPA, Kadis tenaga kerja, FKUB Langkat, Kesbangpol Langkat, Faisal Badawi, S, Sos, dan pejabat lingkungan Pemda Kabupaten Langkat. Webinar ini narasumbernya dari lintas Sektoral antara lain, Kemendagri, Kemendesa PDTT, Kemnaker,Kejaksaan Agung, Kominfo, Kemkumham, Kepolisian RI, Mahkamah Agung,dan Kemenkes RI.

Tema yang diangkat pada acara ini ” Sinergi penanganan dan pencegahan tindak perdagangan orang atau TPPO ” yang terjadi di indonesia dan setiap Kementerian menyampaikan program dan tindaklanjutnya, hal ini didasarkan pada berita yang lagi viral di berbagai media nasional, terutama kasus pekerja migran Indonesia yang ada di Myanmar. Menurut data SISKOP2M yang dihimpun BP2MI terungkap data jumlah pekerja imigran Indonesia yang ada diluar Negeri sebanyak 9 juta orang, dari jumlah itu pekerja yang resmi sebanyak 4,686,190 orang, dan sebanyak 4,5 juta diasumsikan para pekerja yang ilegal.

Hal ini cukup memprihatinkan bagi kita semua, dari informasi data tersebut Malaysia negara yang pertama tempat tujuan pekerja kita, Taiwan posisi ke 2, Hongkong posisi ke 3, dan Arab Saudi diposisi ke 4, kemudian dari webinar ini para lintas sektoral menyampaikan beberapa poin dan hasil yang kofrehensif untuk ditindaklanjuti oleh pusat maupun daerah untuk bekerja bersama-sama menanggulangi permasalahan ini, selanjutnya peran serta para tokoh agama dan pemangku kepentingan dapat besenergi serta menjalin kerjasama, koordinasi instasi maupun forum keagamaan, seminar, workshop, diskusi bersama deni mencegah terjadinya tenaga kerja kita bermasalah di negara lain.

Disela akhir acara ketika dimintai pendapatnya dari FKUB Langkat, Rajoki Manik, S, Pd, beliau menyampaikan harapan di webinar ini cukup baik sekali, terutama dari para narasumber yang memberi input akan pentingnya kesiapan TKI untuk mendapatkan kerja diluar negeri, dengan data diri yang valid, serta jangan terpedaya dengan gaji yang tinggi, akses mudah dan lain sebagainya.

Diupayakan selalu berhubungan dengan instansi yang berwenang jika telah di pekerjakan di luar negeri melalui KBRI setempat, harapan dari pemangku agama selalu mendoakan, agar pekerja kita selalu dilindungi oleh Tuhan YME dan mereka memberikan kontribusi buat keluarga nya di Indonesia, kata beliau, ketika kegiatan acara webinar akan berakhir.

Leave a Reply